UNAIR NEWS – Human Rights Law Studies (HRLS) awal tahun ini menjadi tempat tujuan mahasiswa magang (internas) dari peserta Australian-Indonesian Youth Exchange Program (AIYEP). AIYEP sendiri merupakan program pertukaran pemuda Indonesia-Australia yang bertujuan untuk mempererat hubungan diantara kedua negara. Selain bertujuan untuk memperkenalkan budaya dan cara hidup di masing masing negara, program itu juga sangat membantu untuk menambah soft skill dan memperluas networking.

HRLS pada tahun 2020 menjadi salah satu tempat tujuan magang bagi 2 dari 34 peserta AIYEP Batch 38 yang pada kesempatan kali ini mengambil tempat di Surabaya. Salah satunya adalah Akbar Hazzana, mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala dan Martin Hoggart dari University of Melbourne yang berkesempatan menimba ilmu dan bertukar pengalaman.

Akbar adalah mahasiswa tingkat akhir Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala yang kesehariannya aktif dalam berbagai forum pemuda dan organisasi mahasiswa. Saat ini, Akbar tercatat sebagai anggota aktif dari Asian Law Students Association (ALSA). Sedangkan Martin aktif dalam mendampingi vulnerable people sejak 2016 dan sangat tertarik untuk mempelajari lebih dalam tentang permasalahan HAM di Indonesia.

Di HRLS, baik Akbar dan Martin diperkenalkan cara mengorganisir kerja-kerja pusat kajian dan advokasi. Misalanya mulai dari hari pertama mereka sudah diajak untuk berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan HRLS seperti kajian dan diskusi di bidang HAM.

“Misalkan dalam 3 minggu kedepan ini, HRLS telah menjadwalkan workshop, FGD dan rangkaian diskusi. Masing-masing Akbar dan Martin telah mendapatkan tugas mulai dari persiapan hingga reportase. Dari hari pertama mereka masuk, sudah diajak untuk meeting untuk melihat bagaimana dalam mengorganisir kerja-kerja persiapan untuk 3 acara tersebut,” ujar Dr. Amira Paripurna selaku Direktur HRLS.  

Perlu diketahui, acara penerimaan magang AIYEP dilaksanakan di Gedung C Fakultas Hukum UNAIR pada Kamis (9/1/2020).

Penulis: Pradnya Wicaksana

Editor: Khefti Al Mawalia